Tuesday, January 15, 2013

Jabar Berupaya Tambah Lima PTN Baru

AppId is over the quota
Kompas/Dedi Muhtadi Gubernur Jabar Ahmad Heryawan saat memberikan bantuan beasiswa Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada Unpad sebesar Rp 1,63 miliar di Kampus Unpad Jatinangor Kabupaten Sumedang, Jawa Barat Kamis (10/1/2013).

SUMEDANG, KOMPAS.com - Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Jawa Barat seperti ITB, IPB, dan UI diharapkan nyaah ka urang lembur yakni memberi perhatian pada siswa asal Jabar. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memberi apresiasi kepada Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung yang telah memolopori program yakni meluncurkan 'Unpad Nyaah Ka Jabar' (Unpad Sayang Jabar) pada 2013 ini.

Hal itu dilontarkan Ahmad Heryawan saat memberikan bantuan beasiswa Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada Unpad sebesar Rp 1,63 miliar di Kampus Unpad Jatinangor Kabupaten Sumedang, Jawa Barat Kamis (10/1/2013). "Saya berharap ITB, IPB, dan UI juga memberi perhatian pada siswa asal Jabar sendiri. Mulai tahun ini Unpad memelopori," ujar Heryawan.

Program ini berisi antara lain kebijakan prioritas kepada siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) se-Jabar dalam penerimaan mahasiswa baru, mulai 2013. Beberapa tahun terakhir siswa SMU Jabar yang terserap di Unpad dan empat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lain di Jabar (UI, ITB, IPB, UPI) semakin menurun.

Di Unpad, misalnya, pada 2012 hanya 49,7 persen mahasiswa baru asal SMA Jabar. Padahal tahun sebelumnya 52 persen. Besaran yang sama juga terjadi di UI, ITB, dan IPB Bogor.

Pemprov Jabar, sejak beberapa tahun lalu memberi perhatian besar pada keterserapan siswa se-Jabar di universitas unggul di Jabar. Heryawan menegaskan, keterserapan siswa di PTN tersebut dimaksud sebagai bagian upaya melahirkan sumber daya manusia (SDM) unggul untuk membangun Jabar.

Ditambahkan, berbagai upaya digelar jajaran Pemprov agar siswa SMU Jabar memiliki daya saing dengan siswa daerah lain, dalam memperebutkan kursi di PTN terbaik. Unpad sendiri membantu secara langsung agar putra-putri Jabar unggul dalam tes penerimaan calon mahasiswa yang dilaksanakan secara nasional.

Heryawan menyatakan, upaya lain agar lulusan SMU di Jabar memperoleh pendidikan terbaik di perguruan tinggi adalah dengan menambah daya tampung PTN. Selain itu tengah diusahakan jumlah PTN di provinsi terpadat ini bertambah.

"Selain lima PTN yang ada, kami mengupayakan Jabar memiliki tambahan lima PTN baru lagi. Satu di antaranya izinnya sudah keluar, yakni Unsika Karawang," papar Heryawan.

Rektor Unpad Ganjar Kurnia yang menerima langsung bantuan beasiswa menjelaskan, sokongan Pemprov dimaksud mengalir setiap tahun ke Unpad. "Dukungan beasiswa dari pemerintah daerah membantu melahirkan bibit unggul untuk kejayaan Jabar," kata Ganjar.

No comments:

Post a Comment